'cookieOptions = {...};' Budidaya Buah Naga dalam Pot yang Mudah dan Murah

Informasi Lowongan Kerja Ada Juga DP BBM Terbaru

Friday, June 19, 2015

Budidaya Buah Naga dalam Pot yang Mudah dan Murah




Bercocok tanam tidak melulu memiliki tanah pekarangan yang luas, dikota kota besar, dimana lahan menjadi sangat sedikit, apalagi untuk bercocok tanam aneka tanaman, seperti sayur maupun buah buahan. Namun demikian tidak ada salahnya bercocok tanam di sebuah kota yang besar seperti Jakarta, metodenya adalah dengan menggunakan lahan yang ada, salah satu yang bisa ditanam dengan menggunakan lahan sempit ini adalah buah naga.

Buah naga akhir akhir ini mulai dikenal masyarakat sebagai buah yang kaya manfaat, sehingga banyak masyarakat yang gemar dengan buah ini, buah naga selain berkhasiat untuk kesehatan, buah naga juga enak di buat untuk bahan minuman jus yang berkhasiat. Dan ternyata kaya manfaat untuk membantu kesehatan seperti menyembuhkan beberapa penyakit, misalnya kanker, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mencegah penyakit diabetes melitus. Oleh karena itu membudidayakan buah naga banyak membawa manfaat, dan jika anda berminat menanam, namun memiliki lahan yang tak terlalu luas, berikut ini ada beberapa tips membudidayakan  buah naga dengan mudah, dengan menggunakan pot, dan berikut ini beberapa hal yang perlu anda persiapkan.

Menyiapkan Tempat Menanam Buah Naga

Untuk membudidayakan tanaman buah naga dengan memanfaatkan lahan sempit, tentu harus memanfaatkan tehnik pot, dan persiapan yang bisa dipersiapkan adalah pot dengan berbagai model bisa anda gunakan seperti pot dari tanah lia, kaleng bekas, drum bahkan dari plastik. untuk membuat tanaman buah naga dapat tumbuh dengan baik, sebaiknya gunakan pot yang berasal dari tanah liat dengan ukuran besar, karena dengan model pot yang demikian akan memaksimalkan pertumbuhan buah naga.

Menyiapkan Media Tanam Buah Naga

Bila pot telah anda pilih, maka sekarang tinggal mempersiapkan media tanam sebagai tempat untuk tumbuhnya buah naga secara sempurna, untuk media tanam buah naga yang bagus adalah dengan media tanam yang berasal dari kompos, tanah, pupuk kandang dan pasir, adapun komposisi perbandingan dari media tanam tersebut dapat diatur dengan perbandingan campuran 1:1:3:2, dan untuk memaksimalkan agar tanaman tumbuh dengan baik ada baiknya tambahkan ke dalam media tanam dengan kapur pertanian dan bubuk batu bata secukupnya. Setelah semua siap awali dengan mencampurkan semua bahan media tanam hingga bercampur merata, kemudian biarkan hingga selama sehari semalam baru gunakan untuk menanam buah naga tersebut.

Menyiapkan Tiang

Untuk membantu batang pohon buah naga, persiapkan tiang untuk menyangga pohon naga agar tidak mudah roboh, dan pastikan pula agar batang penyangga ini kuat dan tidak mudah roboh, karena dengan kuatnya batang penyangga ini akan mempermudah pohon naga untuk melilit dengan kuat akar pohon tersebut, dan untuk membantu memperkuat batang penyangga persiapkan pula beberapa kaki kaki yang dapat membantu memperkuat batang penyangga.

Menanam Bibit

Bila anda belum memahami bibit buah naga yang baik, sebaiknya pilihlah bibit tanaman buah naga yang berwarna batangnya hijau tua, dan ukuran idealnya sekitar 30 cm, yang paling penting lagi, adalah pilihlah pohon naga yang bebas penyakit hama. Dengan memperhatikan beberapa ciri tersebut maka akan dapat mengurangi dampak matinya pohon buah naga saat di tanam dan tumbuh.
Setelah memilih bibit yang berkualitas baik, tanam pada kedalaman sekitar 10cm di sekitar tiang yang sudah Anda siapkan tadi. Tidak perlu menanam bibit buah naga terlalu dalam karena menamannya terlalu dalam justru tidak baik bagi pertumbuhan buah naga itu sendiri. Rapikan tanah di sekitar bibit buah naga dengan cara menekan tanahnya. Selain merapikan tanahnya, menekan tanah juga berfungsi untuk menguatkan batang bibit buah naga agar tidak mudah roboh. Setelah memastikan bahwa bibit tertanam dengan sempurna, siram pot tersebut dengan air. Letakkan pot berisi bibit buah naga tersebut di daerah yang terkena sinar matahari langsung. Seperti yang dijelaskan di atas, prosespenanaman buah naga dalam pot sangat mudah dilakukan. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman pada umumnya. Jika Anda adalah salah satu penikmat buah naga, tidak ada salahnya mencoba menanamnya sendiri di rumah dengan media pot.

Memelihara Bibit Buah Naga Hingga Siap Panen

Setelah ditanam bukan berarti Anda membiarkannya dalam pot. Tentu saja, Anda harus memeliharanya dengan baik agar nantinya buah naga bisa dipanen dan Anda benar-benar merasakan buah naga yang segar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saatmemelihara buah naga. Anda harus melakukan pemupukan secara teratur. Jika memungkinkan gunakan pupuk alami untuk memperoleh buah naga yang benar-benar menyehatkan. Selain itu, Anda juga harus melakukan penyiraman teratur agar buah naga tumbuh segar dan dapat di panen sesuai jadwal. Setelah beberapa waktu, bibit buah naga akan menjadi pohon buah naga. Untuk itu, Anda juga harus melakukan pemangkasan cabang. Sesekali periksa akar dan tiang panjatan. Tetap pastikan bahwa tanaman ini masih kokoh dan tidak roboh.Jika diperlukan, ikat batang pohon dengan kawat atau tali ke tiang panjatan. Nantinya, Anda akan memperoleh buah naga merah yang segar dan nikmat dari pot Anda sendiri.

Nah, itulah beberapa cara budidaya tanaman Buah Naga dalam Pot yang mudah untuk anda terapkan pada lingkungan sempit sekitar rumah anda.

Budidaya Buah Naga dalam Pot yang Mudah dan Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tanya persediaan

0 comments:

Post a Comment