'cookieOptions = {...};' Cara Budidaya Kenari Bagi Anda Penikmat Burung

Informasi Lowongan Kerja Ada Juga DP BBM Terbaru

Monday, July 27, 2015

Cara Budidaya Kenari Bagi Anda Penikmat Burung




Burung kenari merupakan salah satu burung yang banyak digemari setiap orang, banyak orang menukai selain warnanya yang menarik dan cantik, burung ini sangat mudah dibudidayakan. Bagi anda penggemar hewan bersayap yang satu ini, tidaklah sulit memeliharanya, bahkan menernaknya juga tidak ribet, dan tidak banyak mengeluarkan banyak biaya.
Banyak keuntungan memelihara burung mungil ini, dan bila anda penasaran dalam cara membudidayakan burung indah ini berikut ini akan kami ulas tips memeliharanya, agar anda dapat berhasil dalam membudidayakan burung cantik yang satu ini.
burung kenari

Tehnik Kunci Budidayakan Burung Kenari

Walaupun untuk membudidayakan burung kenari itu sangat mudah dan gampang ada baiknya anda yang berkeinginan membudidayakan, atau bahkan berbisnis jual beli dengan burung kenari yang menark ini. Berikut ini ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian agar budidaya burung kenari ini berhasil sukses, dengan kata kunci tehnik budidaya burung kenari yang benar :
  1. Salah satu kunci penting dalam membudidayakan burung kenari ini adalah dengan memperhatikan tehnik dalam perjodohan burung kenari dengan benar, artinya dalam melakukan perkawinan burung kenari tidak dapat dipaksakan, karena burung kenari juga memiliki naluri terhadap lawan jenis yang harus dikawininya. Oleh karena itu proses perjodohannya harus sesuai dengan hasrat pada burung tersebut, sehingga akan menghasilkan peranakan yang sesuai dengan keinginan kita.
  2. Jika anda ingin menghasilkan burung kenari yang benar benar memiliki kualitas yang bagus, maka anda harus memperhatikan nutrisi yang diberikan kepada burung kenari tersebut, sehingga peranakannya memiliki kualitas yang bagus.
  3. Burung kenari yang berkualitas harus memperhatikan letak dan posisi dari hewan pengganggu atau hewan sejenisnya, sehingga anda harus menjauhkan dari hewan hewan tersebut.
  4. Sebelum anda mengambil burung kenari sebagai bakal budidaya, maka umur burung kenari untuk dijadikan budidaya harus diperhatikan tidak terlalu tua, maupun terlalu muda, pilihlah burung kenari yang berusia produktif. Jangan memilih burung terlalu muda, selain terlalu lama menunggu masa perkawinan, burung kenari bila dipaksakan akan kurang menghasilkan peranakan yang mempunyai kualitas baik, bahkan dapat mengakibatkan kematian pada anak burung kenari, karena burung kenari terlalu muda belum dapat merawat anaknya.

Cara Membudidayakan Burung Kenari

Setelah anda melakukan beberapa persiapan matang, ada baiknya anda persiapkan diri anda secara fisik dan mental untuk budidaya burung kenari ini, dan berikut tahapan yang perlu anda ketahui dan harus anda perhatikan :

Pembibitan

Untuk melakukan pembibitan yang baik tentu seperti yang telah diatas sebutkan, yaitu pilih burung kenari yang benar benar produktif, usia burung jantan biasanya 8 bulan, dan betina berumur 6 bulan. Dengan seusia yang demikian burung kenari akan siap diternakkan dengan cepat dan mudah.

Penyiapan Kandang

Setelah anda mempersiapkan burung kenari sebagai bakal pembibitan, maka proses selanjutnya adalah, anda harus mempersiapkan kandang, sebagai tempat meletakkan burung kanari tersebut, agar mereka dengan mudah berkembang biak. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kandang burung kenari adalah :
  1. Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
  2. Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
  3. Kandang dapat menampung si burung kenari beserta makannya dengan lapang.
  4. Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.
Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar makanan kenari atau burung kenari itu sendiri.

Menjodohkan Burung Kenari

Proses penjodohan merupakan proses yang sangat berpengaruh dengan hasil peranakan dan kecepatan menghasilkan peranakan, jika anda mempunyai filling yang bagus maka, pasangan burung tersebut akan menyukainya, dan mereka akan cepat menghasilkan peranakan yang diharapkan. Oleh karena itu perhatikan hal hal berikut ini :
  1. Proses penjodohan yang benar adalah jangan sekali kali menyatukan kedua burung jantan dan betina dalam satu kandang, tetapi dimulai dengan kandang yang berbeda, dan letakkan keduanya berdekatan, hal ini untuk menghindari burung tersebut berantem bila tidak ada kecocokan.
  2. Usahakan untuk selalu memasangkan burung kenari tersebut dimana saja, misalnya saat dijemur, agar mereka semakin akrab.
  3. Acara penjodohan ini dapat Anda lakukan pada sore hari sehingga pada malam hari mereka dapat saling mengakrabkan diri dan di pagi hari mereka telah siap kawin.
Untuk mengetahui bahwa burung kenari Anda siap kawin, maka dapat Anda perhatikan ciri-cirinya seperti kedua burung saling melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dirinya ke tepian kandang, si betina memasang ‘posisi’ siap untuk dikawini, dan si betina telah menyiapkan sarangnya.

Mengkawinkan Burung Kenari

Acara mengkawinkan burung kenari dapat Anda lakukan dengan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat meningkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberikan nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh dan taoge. Awasi peranakan yang mereka hasilkan karena peranakan ini biasanya menjadi sasaran empuk tikus atau semut.

Nah, itulah cara mudah budidaya burung kenari, yang dapat kami informasikan bagi anda para penggemar burung kanari, semoga artikel ini dapat menjadi bahan bagi anda yang ingin mengembangkan usaha.

Cara Budidaya Kenari Bagi Anda Penikmat Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tanya persediaan

0 comments:

Post a Comment