'cookieOptions = {...};' Cara Mudah Budidaya Baby Fish

Informasi Lowongan Kerja Ada Juga DP BBM Terbaru

Tuesday, June 7, 2016

Cara Mudah Budidaya Baby Fish




Berwirausaha bisa menjadi jawaban dari semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang ada. Jenis usaha yang bisa kita coba pun sangat banyak, salah satunya budidaya baby fish atau ikan bayi. Nah, jika Anda tertarik berbudidaya baby fish, berikut ini ada beberapa cara mudah budidaya baby fish yang bisa diterapkan dan praktekan.

Petani atau peternak baby fish di Indonesia jumlahnya masih sedikit jika dibandingkan dengan permintaan yang terus meningkat. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk bergelut dalam bisnis budidaya baby fish. Kita bisa melakukannya secara mandiri atau bisa juga join dengan rekan bisnis untuk menggarap bisnis ini secara serius.

Sebelum mulai kita harus mengenal lebih dalam mengenai baby fish. Baby fish adalah ikan yang usianya masih di bawah 3 bulan ketika dipanen. Karena usia yang sangat muda itulah maka ikan tersebut dinamai baby fish. Jenis ikan yang biasa dibudidayakan sebagi baby fish adalah ikan nila dan ikan mas. Jika sudah memilih jenis ikannya, kita bisa mulai budidaya baby fish.

Hal paling pertama yang harus dipersiapkan adalah media pemeliharaan atau kolam. Jika kita mempunyai sawah, kita bisa memanfaatkan lahan sawah tersebut sebagai media pemeliharaan. Dari banyak petani maupun peternak baby fish, sebagian besar dari mereka menggunakan sawah. Jika tak memiliki sawah kita bisa membuat kolam sendiri dengan ukuran minimal 10 meter persegi dengan kedalam 1 meter.

Setelah kolam siap, kita bisa mulai membeli bibit baby fish yang ingin kita budidayakan. Untuk pakan kita bisa membeli pelet atau dedak. Pemberian makan dilakukan pada pagi, siang dan sore hari. Panen sendiri bisa dilakukan setelah usia ikan mencapai 3 bulan.

Bagaimana dengan hitung-hitungan laba? Modal minimal yang kita keluarkan untuk membuat kolam, membeli bibit ikan hingga pembelian pakan kira-kira sekitar 1 juta Rupiah. Dengan harga baby fish 25 ribu/kg, keuntungan bersih yang bisa kita dapat sekali panen bisa mencapai 500-600 ribu Rupiah.

Nah, itu tadi sedikit tips atau cara mudah budidaya baby fish yang bisa Anda terapkan. Prosepek cerah budidaya baby fish memang sangat menggiurkan. Jika ingin berwirasuha, beternak baby fish bisa dijadikan sebuah pilihan.

Cara Mudah Budidaya Baby Fish Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi

0 comments:

Post a Comment