'cookieOptions = {...};' Tips Mudah Memelihara Bebek Pedaging

Informasi Lowongan Kerja Ada Juga DP BBM Terbaru

Saturday, September 3, 2016

Tips Mudah Memelihara Bebek Pedaging




Beternak bebek bisa menjadi pilihan usaha yang cukup menguntungkan. Di Indonesia, kebutuhan daging bebek untuk konsumsi tak kalah dengan ayam maupun sapi. Hal itu membuat peternak bebek pedaging jumlahnya terus bertambah. Jika tertarik untuk beternak bebek, ada beberapa tips mudah memelihara bebek pedaging.
Memelihara bebek bisa dibilang memerlukan ketelatenan tinggi. Berbeda dengan ayam, beternak bebek sedikit lebih rumit. Meskipun sedikit rumit, lama-lama Anda akan terbiasa juga, jadi tak perlu khawatir. Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara bebek pedaging? Berikut ini tips memelihara bebek pedaging.


Jaga Kebersihan Kandang
Karena yang dikonsumsi adalah dagingnya, kita harus memastikan kesehatan dari bebek yang dipelihara. Salah satu hal yang sangat penting terkait kesehatan bebek adalah kebersihan kandang. Bersihkan kandang bebek secara berkala, minimal 2 minggu sekali. Menjaga kebersihan kandang akan menjadikan bebek menjadi sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Pemilihan Pakan yang Tepat
Apa pakan terbaik untuk bebek pedaging? tiap peternak pasti mempunyai jawaban masing-masing. Jika Anda seorang pemula dan baru bergeluit dalam dunia ternak bebek, jangan salah memilih pakan. Pakan yang direkomendasikan untuk bebek pedaging adalah campuran nasi aking, ampas tahu, jagung, gula, dedak dan dedaunan. Meski sekarang sudah ada pakan instan, lebih baik mengolah sendiri pakan yang akan diberikan ke bebek kita untuk mendapatkan hasil maksimal.

Vaksinasi
Vaksinasi atau pemberian obat juga cukup penting dalam beternak bebek pedaging. Dengan pemberian obat atau vaksin, bebek kita bisa lebih kebal dari penyakit-penyakit berbahaya seperti flu burung. Sebaiknya libatkan pihak-pihak terkait dalam pencegahan penyakit pada bebek yang kita pelihara. Untuk vaksinasi, kita bisa meminta bantuan dari dinas kesehatan maupun dinas peternakan.

Nah, itu tadi beberapa tips mudah memelihara bebek pedaging bagi para pemula. Beternak bebek memang bisa menjadi pilihan wirausaha. Kebutuhan daging bebek yang tak pernah surut membuat usaha peternakan bebek mempunyai prospek yang menjanjikan. Lewat ketekunan dan usaha tak kenal lelah, kita bisa meraup puluhan juta Rupiah dari beternak bebek pedaging. Tertarik mencoba?

Tips Mudah Memelihara Bebek Pedaging Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi

0 comments:

Post a Comment