'cookieOptions = {...};' Budidaya Ikan Patin

Informasi Lowongan Kerja Ada Juga DP BBM Terbaru

Friday, May 12, 2017

Budidaya Ikan Patin




Budidaya Ikan Patin - Jika anda memiliki keinginan untuk berbudidaya ikan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga atau sekedar menyalurkan hobby budidaya ikan patin. Budidaya ikan patin sangat mudah dan gampang untuk dipelajari, apalagi jika sarana dan prasarana sangat mendukung dengan lingkungan disekitar kita.

Berbicara masalah lingkungan yang menjadi pendukung budidaya ikan patih adalah mudahnya untuk mencari air sebagai dasar berkembangnya budidaya ikan, karena air merupakan salah satu faktor penting dalam mengembangkan ikan patin agar cepat berkembang dan tumbuh lebih cepat. Nah, pertama tama dalam membudidayakan ikan patin adalah mencari bibit yang memiliki kualitas agar hasilnya juga lumayan, jadi untuk memperoleh bibit yang diharapkan adalah dengan mendapatkan melalui pembelian atau dapat diperoleh dengan memelihara sendiri, yaitu melalui pendederan.

Jika kita melalui pembelian bibit maka kita tinggal melakukan pembesaran bibit yang telah kita persiapkan dengan kolam terpisah agar pertumbuhan ikan patin menghasilkan kualitas terbaik. Biasanya pertumbuhan ikan patin akan baik ika kita menggunakan kolam irigasi, kolam tadah huan dan kolam rawa non pasang surut.


Cara Mudah Budidaya Ikan Patin Pada Kolam
Cara Mudah Budidaya Ikan Patin Pada Kolam

Berikut Adalah Langkah - Langkah Yang Harus Di lakukan Dalam Budidaya Ikan Patin

1. Persiapkan Kolam

Agar budidaya ikan patin berhasil dengan baik, maka perlu dilakukan pengeringan kolam terlebih dahulu dengan memberi beberapa langkah pemupukan dengan pupuk kompos, pupuk kapur dan pupuk urea
Saat mempersiapkan kolam yang akan di jadikan untuk media budidaya seperti yang sudah di jelaskan di atas kolam harus di keringkan terlebih dahulu sampai dengan dasar kolam retak-retak sebelum digunakan taburi pupuk kompos di permukaan dasar kolam dengan tujuan untuk membuat bibit fitoplankton nantinya. Setelah pupuk di kompos di taburkan taburkan juga Pupuk kapur dan pupuk urea yang bertujuan untuk menyetabilkan kadar asam air. Kontruksi kolam bisa di sesuaikan dengan kebutuhan misal 5 M x 10 M dengan kedalaman 2 - 3 M. jika kita tidak mempunyai cukup lahan kita dapat mumbuat petak kolam lebih kecil yang di sarankan yaitu kedalam kolam karena ikan patin merupakan ikan yang suka dengan kedalam air.


2. Pengisian Air 

Pengisian air dapat di lakukan setelah semua syarat di atas terpenuhi. isi kolam dengan air kira-kira 50 - 100 CM, dengan tujuan untuk memper mudah ikan patin menjalani aktifitas menghirup oksigen jika air terlalu dalam maka ikan akan sulit untuk melakukan hal tersebut. Lalu biarkan kolam dengan posisi air seperti itu hingga 2 minggu lamanya sampai air berwarna kehijauan. karena di dalam kolam terdapat banyak makanan alami ketika air sudah berwarna kehijauan.

3. Tebar Benih

Pada saat penebaran benih adahal yang harus di perhatikan. Sebelum benih ikan di tebarkan ke kolam hal yang kita lakukan adalah :
  • Siapkan Ember/Bak.
  • Masukan Air yang kita ambil dari kolam calon budidaya.
  • Masukan Benih patin kedalam ember tersebut kurang lebih selama 30 menit dengan tujuan untuk membuat ikan melakukan penyesuaian dengan habitatnya nanti supaya tidak stres dan mengakibatkan kematian.
Setelah Itu masukan benih ikan kedalam kolam dengan kepadatan tebar 5 ekor/ 1 M persegi. agar mengalami laju pertumbahan yang cepat.

4. Pemberian Pakan

Ikan Patin tergolong ikan yang rakus makan seberapapu kita kasih makan maka akan habis tetapi langkah tersebut tidak efektif. frekuesi pemberian pakan cuku dengan pagi siang dan malam hari dengan jenjang waktu pagi hari pukul 06.00 WIB siang hari pukul 13.00 WIB dan Malam Hari pukul 20.00 WIB dengan jumblah 30 % pagi hari, 30 % siang hari, 40 % malam hari. dengan kandungan gizi protein 25%, karbohidrat 25%, lemak 35%. pakan dapat di berikan berupa pelet ikan dan pakan tambahan pakan buatan.

5. Perawatan

Ketika Ikan berusia 40 hari kita harus melakukan sleksi/sortir dengan alat penyortir ikan. kita dapat. membeli dari toko peralatan budidaya ikan. dengan tujuan untuk membuat ikan sama besarnya dan dalam jangka waktu yang sama.

6. Panen

Panen ikan patin dapat di lakukan setelah 5 bulan masa budidaya. untuk mendapat besar ikan sesuai ketentuanpasar kita dapat menyesuaikanya dengan panjag masa budidaya. dan panen di sarankan untuk dilakukan pengangkatan semua ikan di dalam kolam dan di pindahkan kedalam kolam terpal untuk menghindari stres dan kematian.

Budidaya Ikan Patin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tanya persediaan

0 comments:

Post a Comment